Sabtu, 02 Januari 2010

Grebeg Suro 2009

Kegiatan ini tentunya sudah menjadi santapan kota Ponorogo umumnya dan masyarakat Ponorogo khususnya. Acara yang digelar tiap pergantian tahun Hijriah ini semakin lama semakin seru dan megah sekali. Terbukti ketika Grebeg Suro yang diadakan dari tanggal 12-20 Desember 2009 ini digelar serangkaian acara yang tentunya dimeriahkan oleh masyarakat Ponorogo. Kegiatan ini dilakukan di pusat kota yaitu di alon-alon kota Ponorogo.

Kegiatan Grebeg Suro ini selalu ada Festival Reog Nasionl. Para peserta pun tidak hanya dari dalam kota saja, tetapi juga dari luar kota Ponorogo, bahkan sampai luar pulau Jawa. Selain Festival Reog Nasional. ada juga pameran-pameran hasil karya generasi muda, pameran lukisan, pameran bonsai, pameran pusaka, bazar buku, pasar malam, dan tak ketinggalan juga pesta kembang api.

Tanggal 17 Desember 2009 , siang harinya, ada acara kirab pusaka yang rutenya adalah dari kota lama yaitu batoro katong menuju ke kota baru yaitu Alon-alon Ponorogo. Setiap jalan yang digunakan sebagai rute kirab tersebut dipadati oleh masyarakat Ponorogo yang sangat antusias untuk melihat kirab pusaka tersebut.

Pada puncak acaranya yaitu tanggal 17 Desember 2009 pukul 19.00 WIB di panggung utama alon-alon Ponorogo dimeriahkan oleh para seniman dari berbagai daerah. Ada yang dari mahasiswa IKJ, seniman dari Surabaya, dan ada juga tarian khas dari Samarinda. Yang lebih meriahnya lagi adalah tari reyog dari Universitas Muhammadiyah yang menjadi pemenang Festival Reog Nasional tahun lalu. Dengan variasi dan kreasi tariannya, group Universitas Muhammadiyah ini menarikannya dengan sangat bagus dan penuh semangat. Tak ketinggalan, Grebeg Suro ini juga dimeriahkan oleh para siswa SMA Negeri 1 Ponorogo dengan membawakan tari Gambyong yang diiringi langsung oleh para pengrawit Ganesha Laras. Tari gambyong ini merupakan tarian sebagai penerima tamu ketika bapak Bupati ponorogo beserta rombongannya datang ke panggung utama. Pada Festival Reog Nasional yang ke XVI kali ini dimenangkan oleh group reyog dari kota Semarang. Dan dipuncak acaranya, seperti biasanya, dinyalakan berbagai bentuk kembang api yang tentunya sangat memuaskan sekluruh masyarakat Ponorogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar